5 Air Terjun yang Masih Tersembunyi di Hutan Kalimantan Barat - Wisata Khatulistiwa
Banner Disewakan

Trending

Home Top Ad

Post Top Ad

Banner Disewakan

5 Air Terjun yang Masih Tersembunyi di Hutan Kalimantan Barat

Kalimantan barat memang kaya akan keindahan alamnya begitu juga dengan pariwisata, letaknya yang berbatasan dengan selat karimata membuat kalimantan barat memiliki banyak sekali pantai yang indah

Namun masih banyak juga potensi wisata yang tersembunyi di hutan kalimantan barat ini, berikut ini 5 wisata air terjun yang tersembunyi di hutan kalimantan barat

1. Air Terjun Terinting (Riam Terinting)

Foto : bocahsenjakalimantan.blogspot.com

Berlokasi di Kabupaten Landak, air terjun Terinting adalah salah satu destinasi air terjun di Kalimantan Barat yang wajib kamu singgahi. Dengan ketinggian mencapai 50 meter aliran kecil air terjun ini mengucur melewati tebing batu eksotis yang indah.

Perjalanan dari kota Pontianak, kamu membutuhkan waktu sekitar 5-7 jam perjalanan untuk dapat menikmati keindahan gugusan tebing batu yang dibasahi aliran air terjun Terinting ini.

2. Air Terjun Pancur Aji

Foto : kmstour.com

Air Terjun Pancur Aji memiliki tiga tingkat air terjun yang berasal dari sungai-sungai disekitarnya, setiap tingkat memiliki arus yang cukup deras dengan ketinggian sekitar 4 sampai 5 meter. Di tempat wisata ini kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa dengan dinginnya air terjun serta suara gemericik air dari atas ditambah dengan sejuknya udara yang berasal dari pepohonan yang tinggi dan rindang.

3. Air Terjun Nokan Nayan


Nama air terjun ini belakangan cukup populer di telinga para turis lokal maupun internasional. Terletak di Desa Deme, Kalimantan Barat, air terjun Nokan Nayan memiliki ketinggian yang luar biasa, mencapai lebih dari 180 meter

Nokan Nayan merupakan air terjun tertinggi di Kalimantan. Nohkan dalam Bahasa Ot Danum berarti air terjun dan Lonayan adalah nama sungai dimana Air Terjun Nokan Nayan terbentuk. Air Terjun Nokan Nayan terdiri dari dua air terjun dengan dua sumber sungai berbeda namun jatuh dalam satu tempat diujung sebuah lembah, yaitu Air Terjun Nokan Nayan dan Air Terjun Jongonoi.

4. Riam Berawan't


Air Terjun Berawan't terletak di Desa Bengkawan, Kalimantan Barat. Sama seperti Nokan Nayan, air terjun ini juga memiliki ketinggian yang luar biasa, yakni 75 meter. Akses menuju air terjun ini dapat dimulai dari Kota Bengkayang, lalu menuju desa Bengkawan dengan kendaraan darat sejauh 75 km, baru dilanjut berjalan kaki. Area di bawah air terjun cukup lapang untuk berfoto.

5. Air Terjun Saka Dua


Terletak di kawasan hutan lindung yang masih sangat asri dan alami di Dusun Kayu Tunu, Kabupaten Sanggau. Untuk menuju lokasi dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Sanggau dengan menyusuri sungai Kapuas menggunakan perahu, baru kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melintasi hutan belantara.

Air terjun Saka Dua merupakan objek wisata yang sangat menantang karena untuk mencapainya dibutuhkan kondisi yang prima. Ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan petualangan berjalan menyusuri alam liar.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad