Berkunjung ke Kalimantan, Coba Wisata Susur Sungai - Wisata Khatulistiwa

Trending

Home Top Ad

Post Top Ad

Berkunjung ke Kalimantan, Coba Wisata Susur Sungai



Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 743.330 km2. Pulau yang disebut Borneo pada zaman kolonial ini terbagi ke dalam tiga wilayah kenegaraan, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei.

Pulau ini terdiri dari lima provinsi, yaitu Kalimantan Utara (Ibukota Tanjung Selor), Kalimantan Barat (Pontianak), Kalimantan Tengah (Palangkaraya), Kalimantan Timur (Samarinda), dan Kalimantan Selatan (Banjarmasin).

Kalimantan juga terkenal dengan julukan Pulau Seribu Sungai, karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Sejak zaman dahulu, sungai-sungai di Kalimantan mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di sekitarnya, mulai dari sumber air, potensi perikanan, hingga sebagai prasarana transportasi.

Menyusuri sungai-sungai merupakan salah satu daya tarik wisata Kalimantan. Berikut wisata sungai yang bisa pengunjung nikmati saat berlibur di Pulau Kalimantan.

Susur Sungai di Taman Nasional Kayan

Beberapa sungai di kawasan taman nasional ini, seperti Sungai Bahau, Sungai Kayan dan Sungai Mentarang, digunakan sebagai transportasi menuju kawasan taman nasional.

Selama perjalanan, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis satwa yang ada di sekitar sungai, melihat kelincahan longboat dalam melewati jeram, hingga mengenal Suku Dayak yang tinggal di sana.


Susur Sungai Kapuas di Kalimantan Barat

Menyusuri Sungai Kapuas bisa dilakukan dengan menggunakan kapal wisata yang banyak tersedia di sana. Selama perjalanan susur sungai, pengunjung bisa melihat berbagai objek menarik, seperti Masjid Jami, Pasar Kapuas, Keraton Kadriah Kesultanan Pontianak, hingga Jembatan Kapuas.


Susur Sungai Kahayan di Kalimantan Tengah

Dengan panjang 600 km, Sungai Kahayan menawarkan keindahan pemandangan tepi sungai yang masih alami. Selama perjalanan membelah hutan bergambut, pengunjung bisa menikmati pemandangan rumah-rumah apung warga sekitar sungai, konservasi orangutan, makam keramat, hingga jenis-jenis kayu khas penghuni hutan Kalimantan.


Susur Sungai Mahakam di Kalimantan Timur

Sama dengan di Kalimantan Barat, berwisata menyusuri Sungai Mahakam juga menggunakan kapal-kapal wisata. Selama perjalanan, kapal wisata ini akan bergerak perlahan untuk menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar sungai.

Di sini, pengunjung bisa melihat langsung lanskap kota, kampung tenun, masjid tertua di Kalimantan Timur, dan Jembatan Mahkota II.

Susur Sungai Martapura di Kalimantan Selatan

Pemandangan selama susur Sungai Martapura tak kalah menakjubkan dibandingkan dengan susur sungai lainnya di Kalimantan. Salah satu keunikan susur Sungai Martapura adalah mengunjungi pasar terapung di Lok Baintan, dan pengunjung bisa berbelanja juga di sini. Selain itu, pengunjung juga bisa berkunjung ke Pulau Kembang tempat hunian ratusan kera abu-abu jinak dan Pulau Kaget tempat habitat Bekantan.

sumber : pesona.travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Banner Disewakan