Tips Snorkeling Bagi Kamu yang Pertama Kali Mencoba - Wisata Khatulistiwa
Banner Disewakan

Trending

Home Top Ad

Post Top Ad

Banner Disewakan

Tips Snorkeling Bagi Kamu yang Pertama Kali Mencoba



Liburan ke pantai, pulau yang eksotis serta terumbu karang yang indah akan terasa kurang lengkap jika tidak menjelajahi keindahan bawah lautnya, keunikan berbagai terumbu karang dan aneka satwa laut turut menjadi daya tarik yang sayang sekali jika dilewatkan.

Snorkeling adalah kegiatan yang menyenangkan, melihat pemandangan cantik bawah laut yang dapat kamu nikmati. Bagi kamu yang ingin mencoba snorkeling untuk pertama kali, ikuti dulu tips ini.

1. Gunakan peralatan dengan benar dan tepat

Ada beberapa peralatan snorkeling yang harus kamu kenakan seperti masker, pelampung, dan fin (sepatu katak). Gunakanlah benda-benda tersebut secara tepat dan benar.

Carilah
Masker yang pas untuk melindungi mata kamu dari air laut
Fin yang nyaman dengan telapak kaki
Baju pelampung yang sesuai dengan ukuran badan.
Peluit, Di posisi terancam, kamu bisa membunyikan peluit untuk meminta pertolongan

Hal ini akan memberikan kamu kenyamanan saat ber-snorkeling.

2. Perhatikan keaadaan sekitar

Jangan terlena ketika kamu sedang asik menikmati keindahan alam bawah laut, selalu waspada dan perhatikan kondisi sekitar, lihat arus gelombang laut untuk mengindari arus yang kencang dan ingat! tetap berkelompok jangan jauh dari teman, dan jangan sampai menginjak karang atau bulu babi.

3. Snorkeling bersama dan jangan terlalu jauh

Saat melakukan snorkeling jangan sampai terlalu jauh dari teman atau rombongan kamu. Terkadang karena terlalu menikmati, sehingga lupa kamu sudah berenang terlalu jauh.

Ingat snorkeling hanya menggunakan alat yang sederhana, sehingga tidak disarankan untuk kamu melakukan snorkeling terlalu jauh karena membahayakan.


4. Jangan panik

Di laut cuaca bisa berubah secara tiba-tiba akibat angin laut yang kencang. Hal ini akan mengakibatkan arus yang kencang dan dapat menarik kamu ke tengah lautan.

Akan tetapi tetaplah tenang dan jangan panik, mintalah bantuan kepada teman kamu dengan membunyikan peluit atau berteriak, tetap berenang untuk dapat sampai ke kapal kamu atau pantai.

5. Jangan sentuh apapun

Saat melakukan snorkeling tentu kamu akan dapat melihat banyak sekali karang-karang cantik yang seakan menggodamu untuk memegangnya. Akan tetapi, kamu sebaiknya tidak menyentuh apapun ketika sedang berada di dalam air. 

Karena ada beberapa spesies karang beracun yang sangat berbahaya jika disentuh atau tersentuh. Tak hanya karang salah satu biota laut yang harus kita hindari adalah bulu babi, karena kalau tersengat bisa membuat luka yang lumayan parah.

Selain untuk keselamatan kamu juga turut menjaga kelestarian alam bawah laut. Jangan sampai merusak terumbu karang ataupun biota laut lainnya

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad