Perlombaan Perahu di Kabupaten Sambas Bisa Menjadi Event Andalan Pariwisata - Wisata Khatulistiwa

Trending

Home Top Ad

Post Top Ad

Perlombaan Perahu di Kabupaten Sambas Bisa Menjadi Event Andalan Pariwisata


 Letak geografis kabupaten Sambas dimana terdapat banyak sungai yang membelah kota membuat masyaratnya banyak yang memiliki sampan sebagai alat transportasi.

Sehingga sering diadakan lomba sampan di kabupaten Sambas yang di ikuti oleh seluruh masyarakat yang ada di kabupaten sambas bahkan dari luar sambas.

Olahraga seperti ini bisa menjadi event andalan pariwisata di Kabupaten Sambas jika memang di kembangkan dengan baik, tentunya menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya.


Berikut ini lomba perahu / sampan yang di adakan dari tahun ke tahun :

2017 

13 Agustus 2017 (Lomba Perahu Bidar & Dragonboat)

Dilaksanakan di sungai muare ulakan sambas dalam rangka pergelaran puncak perayaan hari ulang tahun kebupaten Sambas yang ke-386, dan juga dihadiri oleh ketua persatuan olahraga dayung seluruh Indonesia (PODSI), Andrianus Asia Sidot.

Pada saat itu untuk lomba perahu Bidar dimenangkan oleh tim dayung Mempawah 2, sedangkan untuk Dragonboat dimenangkan oleh tim Alhaz kabupaten Sambas


2018

5 Juli 2018 (Lomba Perahu Bidar)

Tahun ini lomba perahu bidar diadakan kembali untuk merayakan hari ulang tahun kabupaten Sambas yang ke-387 dan HUT Bayangkara ke-72 yang dibuka lansung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D.M Tr (Han).

Masih seperti tahun sebelumnya acara ini dilaksanakan di sungai muare ulakan sambas yang diikuti 30 tim sampan dari berbagai daerah kecamatan di kabupaten Sambas.

Acara ini juga di hadiri oleh ketua PODSI kalimantan barat, Abdi nurkalim mawardi, Kesultanan Sulu Filiphina Sultan YM, Sultan Sambas Pangeran Ratu Muhammad Tarhan.

Tahun ini juara pertama dimenangkan oleh tim Pulau Indah dan berhak mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp6 juta.


2020

26 Agustus 2020 (Lomba Sampan Tani Se-kabupaten Sambas)

Pada tahun ini di adakan di Desa Tebing Batu Kecamatan Sebawi yang di hadiri oleh wakil bupati sambas saat itu yakni Hj Hairiah, SH, MH.

Tahun ini baru di adakan kembali karena tahun 2019 di adakan di kabupaten Sintang tepatnya di Taman Bungur Sintang sungai Kapuas selama dua hari pada tanggal 6 dan 7 April 2019.

30 Agustus 2020 (Lomba Perahu Pemangkat)

Acara kali ini di adakan di Desa pemangkat kota, Kecamatan Pemangkat yang dihadiri lansung oleh bupati sambas H. Atbah Romin Suhaili.

Lomba perahu ini di ikuti oleh 60 peserta terdiri dari putra dan putri yang datang dari berbagai daerah di kabupaten Sambas.


2022

9 Januari 2022 (Lomba Perahu Bidar)

Tahun ini diadakan di Sungai Sambas Besar Desa Kartiasa Kecamatan Sambas yang diikuti lebih dari 80 tim dari perwakilan desa di kabupaten Sambas.

Acara tersebut di tonton oleh ratusan warga mulai dari bantaran sungai, dari atas perahu hingga dari atas jembatan kartiasa.


7 Mei 2022 (Lomba Sampan Tani Se-kabupaten Sambas)

Acara akan datang ini akan dilaksanakan di sungai Desa Tengguli dalam rangka semarak hari raya idul fitri 1443 H

Dimana pendaftaran dimulai pada 25 maret s/d 28 April 2022 di sekretariat kantor desa Tengguli dan akan dilaksanakan technical meeting pada hari kamis 28 april 2022 jam 08.00 wib di Aula Kantor Desa Tengguli.

Bagi teman - teman yang tertarik mengikuti lomba sampan bisa menghubungi panitia 085822722858 (Alpian)

Untuk mengikuti perlombaan berikut syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh para peserta :

  • Biaya pendaftaran Rp50.000 / tim
  • Peserta katagori putra (Usia bebas)
  • Jumlah atlit dalam satu tim 5 orang (4 orang inti + 1 Cadangan)
  • Peserta pertim di wajibkan membawa sampan dan dayung sendiri
  • Model sampan bebas, dengan ukuran paling panjang 7,2 meter

11 komentar:

  1. Wah pasti seru banget jika kesana.. dulu pernah saya liat lomban di tayu pati jateng.. seru pokoknya

    BalasHapus
  2. senang sekali acara acara eksibisi dan wisata tradisi ini kembali diadakan sehingga menjadi daya tarik tersendiri. semoga seterusnya sukses menjadi event regular tahunan. :-)

    BalasHapus
  3. Ini menarik sekali ada lomba perahu gini, bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan bagi pariwisata nih.

    BalasHapus
  4. Sayaa lahir di kampung padat penduduk, perahu bukan budaya di situ. Pengen banget deh nonton acara kek gini

    BalasHapus
  5. Keren sekali perlombaan perahunya. Memang bisa banget untuk menarik kunjungan wisatawan

    BalasHapus
  6. Menarik yaa... Aku belum pernah lihat lomba perahu gini. Borneo emang beda. Karena sungainya gede-gede banyak, masyarakat jadi punya perahu juga. Semoga sukses perlombaan 7 Mei nanti. Bravo!

    BalasHapus
  7. Waah seru bangett perlombaannya! Pengen banget bisa ke pontianak dan explore wilayahnya huhu semoga suatu saat bisa terlaksana. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  8. Kalo ada acara seperti ini apa turis boleh ikut jadi peserta atau cuma yang sudah terdaftar aja yang bisa ikutan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk turis ada acara tersendiri kak di kabupaten sambas, pernah kemarin itu peserta yang boleh ikut dari negara - negara dari asia tenggara

      Hapus
  9. Asikk bangett event nya yaa, seru uji kekompakan..

    BalasHapus
  10. Jadi inget rasanya naik perahu. Tiap kali naik perahu selalu deg-deg an takut nyebur apalagi karena nggk bisa berenang hehe

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Banner Disewakan