6 Kuliner Khas Kalimantan Barat yang Harus Kamu Coba - Wisata Khatulistiwa

Trending

Home Top Ad

Post Top Ad

6 Kuliner Khas Kalimantan Barat yang Harus Kamu Coba

Mengunjungi kota Kalimantan Barat tidak cukup hanya berjalan-jalan ke tempat wisata alam ataupun wisata budayanya, namun harus dilengkapi dengan jajan makanan-makanan yang enak. Hampir setiap makanan di Kalimantan barat mampu meninggalkan kesan di hati dan lidah anda yang mencobanya.

Berikut ini kuliner Kalimantan Barat yang harus kamu coba :

1. Ale - Ale Ketapang

Ale Ale

Ale-ale bisa diolah menjadi bermacam-macam makanan seperti ale-ale tumis, ale-ale asam, kuah kental, sambal ale-ale, dan banyak lagi. Semua sajian ale-ale terkenal sangat enak. Kerang ini bercitarasa sangat sedap, bahkan dengan pengolahan sangat sederhana tetap enak yaitu dengan cara direbus ditambah garam.

Kalau kamu pecinta seafood, ale-ale wajib jadi barang buruan kamu di Kalimantan Barat. Tak hanya dimakan di rumah-rumah makan di Ketapang, ale-ale juga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh para pelancong

2. Sotong Pangkong - Pontianak

Sotong Pangkong

Makanan khas selanjutnya adalah Sotong Pengkong. Sotong Pengkong sendiri memiliki cara pembuatan yang sangat sederhana, cukup pukul-pukul sotong kering hingga dagingnya menjadi emping dan sirami dengan kuah sambal kacang khas pontianak.

Meskipun sederhana, makanan tradisional khas Pontianak ini memiliki cita rasa unik yang tak ada salahnya dicicipi saat mengunjungi kota yang dilalui garis Khatulistiwa ini.

3. Choi Pan - Singkawang



Choi Pan atau Chai Kwe terbuat dari tepung beras yang diisi dengan berbagai varian isi seperti bengkuang, ubi jalar dan kucai. Kalau teman-teman tidak terlalu lapar boleh mencoba camilan yang satu ini. Bentuknya yang kecil cukup untuk sekali hap saja. Choi Pan paling enak dinikmati selagi hangat dilengkapi dengan saus cabe.

4. Kue Kantong Semar - Singkawang

Kue Kantor Semar

Salah satu jajanan pasar yang ikonik asal Kota Singkawang adalah kantong semar. Jajanan itu ditaruh di dalam kantong semar yang banyak ditemui di hutan atau pekarangan kawasan Kalimantan Barat. Sesuai dengan namanya memiliki kantong yang besar melebar mirip perut semar, salah satu tokoh pewayangan Jawa.

Untuk membuat kue kantong semar, warga Singkawang berburu tumbuhan kantong semar dengan mengambil yang berukuran agak besar dan kecokelatan, lalu bagian dalam kantong semar dicuci bersih dan disikat hingga tidak tersisa kotoran, serangga dan tanah di dalamnya.

5. Bubur Pedas - Sambas

Bubur Pedas

Mata pasti sedikit terbelalak ketika tahu ada bubur seperti ini. Jika biasanya bubur dicampur dengan kecap manis, asin, dan sambal untuk pelengkap rasa saja, bubur khas Sambas, Kalimantan Barat ini justru benar-benar nikmat ketika terasa pedas.

Sajian ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng, kemudian berisi aneka jenis sayur seperti kangkung, pakis, daun kesum, dan lain-lain, biar makin enak, tambahkan lagi ikan ikan goreng teri dan kacang.

6. Es Krim Petrus

Es Krim Petrus

Adapun minuman segar yang bikin tenggorokan super lega. Kamu wajib coba Es Krim Petrus. Dari tampilannya, es ini hampir serupa dengan minuman kekinian saat ini. Penyajiannya berupa sebuah batok kelapa dengan isi es krim flavor, kacang merah, rumput laut, dan juga cincau. Tekstur es krimnya pun juara, begitu lembut dan rasanya dominan di lidah. Penasaran?

Karena sekarang sudah kenal makanan khas Kalimantan Barat, tidak ada salahnya kamu berburu pilihan makanan di atas, entah saat berlibur di sana ataupun cari makanan seperti ini di Jakarta. Yuk perkaya pengetahuan kuliner Nusantara, supaya makin cinta Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Banner Disewakan