6 Minuman Kalimantan Barat yang Siap Menggoyang Lidah Kamu - Wisata Khatulistiwa

Trending

Home Top Ad

Post Top Ad

6 Minuman Kalimantan Barat yang Siap Menggoyang Lidah Kamu

Selain terkenal dengan choi pan dan bubur pedasnya, kalimantan barat (kalbar) juga menyimpan minuman khas yang mungkin membuat ketagihan bagi siapa saja yang meminumnya. Minuman ini mudah ditemukan di jalanan Pontianak dengan harga terjangkau membuat beberapa minuman ini menjadi favorit. Berikut ini 6 minuman khas kalbar yang siap menggoyang lidaj kamu:

1. Minuman Lidah Buaya

Minuman Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari antioksidan hingga kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Lidah buaya dapat dibuat menjadi berbagai macam produk olahan mulai dari fashion, makanan, hingga yang paling simple yaitu minuman

Minuman khas Pontianak yang satu ini sangat digemari masyarakat Pontianak. Biasa dijadikan minuman wajib di siang hari, terlebih untuk berbuka di bulan puasa. Lidah buaya biasanya dicuci dan diolah, setelah itu dipotong berbentuk dadu. Kemudian di campurkan dengan sirup, sungguh minuman yang sangat menyegarkan

2. Kopi Asiang

Kopi Asiang
Buat kamu pencinta kopi, warung kopi Pontianak satu ini harus banget kamu kunjungi. Salah satu warung kopi tertua di Pontianak ini sudah ada sejak tahun 1958. Kopi yang disajikan di sini merupakan kopi jenis Hainan style.

Sama seperti kebanyakan kopitiam di Singapura, di mana kopi disajikan menggunakan satu set cangkir kecil dan pisin keramik. Kopinya agak berminyak dengan wangi khas.

3. Ce Hun Tiau

Ce Hun Tiau
Minuman khas Pontianak ini juga disebut es campur ala Pontianak. Isinya berupa kacang merah, cincau dipotong dadu kecil-kecil, jelly bening panjang, ketan hitam dan sepotong bongko. Bongko sendiri merupakan kue hijau dengan pewarna alami pandan atau daun suji.

Semua bahan-bahan tersebut ditumpuk dengan es serut dan disiram kuah santan encer. Kebayang dong segarnya kayak gimana?

4. Sari Kacang Hijau

Sari Kacang Hijau
Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Lazimnya, kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau. Namun ada yang berbeda di Pontianak, kacang hijau diolah menjadi es sari kacang hijau.

Terdapat perbedaan antara bubur kacang hijau atau es kacang hijau dengan sari kacang hijau. Biasanya es kacang hijau hanya direbus dan diberi gula. Saat membuat sari kacang hijau, kacang hijau yang telah direbus akan diblender hingga halus, kemudian kacang yang telah halus dicampurkan dengan gula atau susu. Es Sari kacang memiliki tekstur yag sangat lembut saat dinikmati, sangat segar dan menyehatkan.

5. Es Jagung

Es Jagung
Ini ide yang bisa ditiru di rumah lho. Jagung selain bisa direbus, dijadikan pelengkap sayur asem, juga bisa dibuat minuman. Cukup pipil jagung manis yang telah dikukus, tambahkan santan, dan kental manis putih, serta sedikit sirup vanila untuk menambah aroma. Tambahkan es batu, bila suka es jagung ini juga bisa diblender, warna kuning alaminya menarik dan segar.

6. Es Nam Bong

Es Nam Bong
Ini minuman unik banget, teman-teman tahu kan jeruk kecil kalau di Singkawang dikenal dengan sebutan jeruk sambal (seperti buah salak), karena sering digunakan untuk toping nyambal. Jeruk kecil tadi dikeringkan  hingga menjadi sangat layu lalu difermentasi sehingga menghasilkan rasa yang sangat asam, dalam penyajiannya, Es Nam Bong diberi sedikit air gula lalu ditambah batu es. Jadi deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Banner Disewakan