Pulau Selimpai, Pantai Eksotis dengan Pesona Sunset yang Indah - Wisata Khatulistiwa

Trending

Home Top Ad

Post Top Ad

Pulau Selimpai, Pantai Eksotis dengan Pesona Sunset yang Indah

Berkunjung ke Kabupaten Sambas tidak lengkap jika tidak menikmati keindahan pantainya, karena secara geografis memang Sambas terletak di barat kalimantan yang berbatas lansung dengan laut

Banyak tempat wisata yang tersembunyi tersebar di Kalimantan Barat. Salah satu tempat eksotis yang wajib dikunjungi adalah pulau selimpai.

Pulau selimpai merupakan pulau kecil berbentuk memanjang yang terletak di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (kira-kira 7 kilometer dari ibukota kecamatan dan 57 kilometer dari sebelah utara Kota Sambas).

Untuk menuju pulau selimpai bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam menggunakan mobil (Sambas - Paloh), kemudian menyebrangi sungai paloh menggunakan speed boad atau perahu motor milik warga sekitar 30 menit.

Harga pengunjung bisa melakukan tawar menawar dengan warga

Keunikan dari pulau ini yaitu kita dapat melihat bibir pantai yang menghadap ke sungai dan bibir pantai yang lainnya menghadap ke laut

Pulau selimpai menjadi alternatif bagi pengunjung apabila berkeinginan menghabiskan liburan di sebuah pulau yang mungil, cantik, jauh dari polusi udara, sejuk, memiliki pasir putih nan elok, rindangnya hutan pinus, keindahan laut natuna, sungai yang indah, hingga dapat menikmati sunset. 

Dari kejauhan pengunjung akan dimanjakan dengan penampakan area Tanjung Datuk / Tanjung Datoe' yang berbatasan langsung dengan Sarawak (Malaysia).

Keunikan lainnya yang membuat pengunjung terpukau adalah keberadaan hutan pinus yang menjulang tinggi berderet dengan rapi di sepanjang bibir pantai secara alami, namun seakan-akan pepohonan ini ditata secara sengaja

Perpaduan antara rumput hijau dan pohon cemara menjadi panorama tersendiri yang dapat menambah kesejukan pemandangan alam di pantai selimpai.

Instagram Liadinayunita


Pasir putih yang landai dan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung ke pantai selimpai, paloh.  Pasirnya yang bersih tak kalah dengan Pantai Kuta, Bali. Selain itu keberadaan hutan pinus di pulau selimpai membuat suasana di pulau mini ini berbeda dengan pantai lainnya di Kabupaten Sambas.

Satu hal yang menjadi daya tarik pulau selimpai adalah pantai pulau ini merupakan tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Jenis penyu beragam, penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang, dan penyu belimbing.

Jangan melakukan hal yang dapat melukai penyu, jaga selalu fauna yang ada di pulau ini

Dalam setahun sekurangnya lima kali satwa langka dilindungi ini singgah ke pulau ini untuk bertelur. Jika pengunjung ingin melihat langsung maka tunggulah sampai malam hari tiba.

Keseruan malam hari di pulau selimpai, biasanya ada sekelompok penyu yang naik ke pesisir pantai. Tak heran jika ada pengunjung yang rela untuk tidur di sana hanya karena untuk melihat hewan langka tersebut.

 Lokasi : Sebubus, Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat
 Google MapsKlik disini
 Buka/Tutup : 24 Jam
 Harga Tiket masuk : Free
 Parkir : Unknow


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Banner Disewakan